Eliminasi Kesalahan dalam Pekerjaan

ImageSebagai manusia, kita tidak mungkin luput dari kesalahan, termasuk dalam pekerjaan. Hal yang sama juga bisa terjadi ketika melakukan suatu penelitian. Jika kesalahan itu terjadi sesekali, hal tersebut mungkin masih bisa dimaklumi karena mungkin kemampuan seseorang sudah mencapai batasnya. Namun, kebanyakan kesalahan yang dilakukan bukan berkaitan dengan kemampuan anda, tetapi lebih mengacu kepada kecerobohan.

Sebut saja beberapa kesalahan itu adalah lupa meletakkan dokumen penting dan prosedur yang berlaku, menghilangkan beras di komputer, salah menghubungi klien, dan keliru mengirim e-mail. Hal ini bisa terjadi karena sistem kerja anda tidak sempurna, kurangnya koordinasi dan konsentrasi yang terpecah. Apabila dibiarkan, hal ini bisa menjadi sebuah kebiasaan yang buruk bagi anda. Berikut ini adalah cara menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi di dalam melakukan pekerjaan.

  1. Pertama, perbaikilah sistem kerja anda menjadi lebih teratur. Sistem kerja yang rapi akan membuat anda terhindar dari kesalahan-kesalahan bodoh. Coba buatlah sebuah agenda untuk mengurutkan prioritas kerja anda, dari sejak mulai hingga selesai bekerja.
  2. Kedua, lakukanlah koordinasi dengan atasan dan rekan, apalagi jika anda berada dalam satu team. Koordinasi ini mutlak dilakukan agar semua bisa saling mengetahui dan memahami tugas masing-masing dan tidak terjadi kesalahanpahaman.
  3. Ketiga, cobalah untuk selalu memperkaya diri sendiri dengan kemampuan dan  ketrampilan dari berbagai macam literature. Bertanya kepada atasan dan rekan yang lebih senior juga akan meningkatkan kapabilitas dan kompetensi anda dalam bekerja. Jika anda sudah lebih mahir dan memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup, berbagai kesalahan akan dapat diantisipasi.
  4. Keempat, selalu fokuskan pikiran hanya pada pekerjaan. Konsentrasi yang terpecah dipastikan sangat mengganggu kinerja anda dan hasilnya kesalahan akan mudah terjadi.
  5. Kelima, cobalah untuk selalu terhindar dari stress. Bekerja dalam keadaan stress merupakan salah satu penyebab terjadinya kesalahan dalam bekerja. Apabila ada masalah yang mengganggu, sebaiknya anda selesaikan terlebih dahulu masalah tersebut. Jika hati dan pikiran tenang, pekerjaan akan mudah terselesaikan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s